Friday 21 March 2014

Perkembangan Gadget dari masa ke masa

Sadarkah kamu bahwa ponsel canggih yang kamu miliki sekarang ini sudah mengalami banyak perkembangan dari versi ponsel jaman dahulu? Ponsel merupakan salah satu teknologi yang memiliki perkembangan cukup pesat dari jaman ke jaman. Mari nostalgia sedikit tentang perkembangan ponsel dari awal kemunculannya sampai saat ini.
  • Ponsel ‘Pisang’
    Ponsel  ini disebut ponsel ‘pisang’ karena bentuknya yang besar dan tebal layaknya pisang. Dengan dibekali antena luar, ponsel ini dapat digunakan untuk berkomunikasi melalui panggilan telepon maupun SMS.
  • Ponsel Layar Kuning
    Seiring dengan perubahan kebutuhan, ukuran ponsel pun dipangkas menjadi kecil. Pada jaman ini, ponsel layar kuning berukuran kecil banyak digunakan. Salah satu fitur teranyar pada jaman ini adalah monophonic. Selain itu ponsel pun sudah dilengkapi dengan game kecil yang sederhana seperti Snake dan Memori.
  • Ponsel Layar Biru[/b]
    Ponsel layar biru memiliki model yang lebioh modern dibandingkan ponsel layar kuning yang sudah ada sebelumnya. Fitur monophonic pun digantikan oleh fitur polyphonic dimana nada dering yang dihasilkan memiliki lebih banyak nada. Pada jaman ini banyak sekali bertebaran penjual-penjual polyphonic dan wallpaper.
  • Ponsel Layar Warna
    Awal kemunculan ponsel layar warna ini bisa dibilang menandai awal jaman ponsel canggih. Ponsel layar warna pertama muncul dengan model biasa, hampir sama dengan ponsel-ponsel sebelumnya. Pada jaman ini terkenal game Bounce, Bowling dan Racing yang tersematkan di dalam ponsel.
  • Ponsel dengan Memori Eksternal 1
    Karena terdesak dengan kebutuhan manusia yang semakin meningkat, muncul ponsel-ponsel pertama yang mengusung fitur memori eksternal. Dimana ponsel-ponsel ini pun dibekali dengan kamera sekaligus bisa menyimpan beberapa hasil foto di memori eksternal. Pada jaman ini, ponsel dengan memori eksternal sangat prestise. Oleh karena itu banyak anak muda yang menggunakan ponsel seperti ini.
  • Ponsel dengan Memori Eksternal 2
    Pada jaman ini terkenal sebuah ponsel keluaran Nokia yaitu Nokia 6600 dan 7610. Dimana keduanya merupakan pelopor ponsel dengan memori eksternal yang lebih besar sampai 1GB. Fitur kamera pun memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada ponsel berkamera sebelumnya.
  • Smartphone
    Disinilah awal kemunculan smartphone, yaitu ponsel yang bisa digunakan untuk internetan dan sebagainya. Pada jaman ini dapat dikatakan sudah hampir tidak ada orang yang menggunakan ponsel lawas seperti ponsel layar kuning.
  • BlackBerry
    Munculnya BlackBerry merupakan akhir jaman bagi Nokia. Perkembangan teknologi ponsel Nokia yang dianggap ‘gitu-gitu aja’ dikalahkan oleh BlackBerry dengan fitur BBMnya. Pada jaman ini hampir semua orang tergiur dengan ponsel BlackBerry.
  • Apple
    Ponsel Apple mendapat image sebagai ponsel canggih dan mahal. Menggunakan ponsel ini merupakan prestise yang luar biasa pada awal kemunculan ponsel ini di tengah-tengah popularitas BlackBerry. Sebagian pengguna ponsel BlackBerry mulai beralih menggunakan iPhone sebagai ponsel pintarnya.
  • Android
    Tidak lama berselang dari kemunculan Apple dengan platform iOS, muncul platform baru yaitu Android. Banyak ponsel Android yang harganya jauh lebih murah dibandingkan ponsel berplatform iOS beredar di pasaran. Ditambah lagi dengan menjamurnya varian ponsel dari Samsung yang mendominasi pasar Android, membuat pengguna BlackBerry pun pindah hati.
Sampai saat ini ponsel Android dapat dikatakan mendominasi sebagian besar pangsa pasar ponsel pintar, disusul iPhone dan BlackBerry diurutan terakhir. Ponsel pintar saat ini berkembang cukup pesat dengan berbagai jenis prosesor canggih yang membuat performa ponsel menjadi semakin cepat, kamera dengan resolusi yang sangat besar sampai RAM dan memori eksternal yang besar.
referensi : Jalantikus.com

No comments:

Post a Comment