Tuesday 3 July 2012

ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU


A. PENGERTIAN, TUJUAN, ISD DAN IPS

1. Pengertian ISD
ISD ( Ilmu Sosial Dasar ) adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah - masalah dan keadaan di sekitar lingkungan mulai dari Sosial masyarakat sekitar, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.

2. Tujuan ISD
Tujuanya mempelajari ISD adalah agar mahasiswa dapat mudah memasuki dunia masyarakat yang beraneka ragam , mulai dari : beragam budaya , agama dan adat istiadat.

3. 3 kelompok Ilmu Pengetahuan
1. Natural Sciences (ilmu-ilmu alamiah)
2. Social Sciences (ilmu-ilmu sosial)
3. Humanities (ilmu-ilmu budaya)

B. ISD DAN IPS

1. Perbedaan ISD dengan IPS
a. IPS sudah dipelajari dari kita SD sampai SMA dan itu merupakan dasar sebelum memasuki  ISD , sedangkan ISD merupakan lanjutan yang dipelajari di perguruan tinggi.
b. ISD mata kuliah tunggal, sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran  yang mempunyai ilmu luas dan memilki cabang.
c. ISD  untuk pembentukan sikap, sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan dan kepedulian terhadap alam , budaya dan kesenian sekitar.

2. Persamaan ISD dengan IPS
a. Dua-duanya merupakan bahan studi untuk pendidikan
b. Dua-duanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
c. Duaduanya punya materi yang berasal dari masalah dan kenyataan sosial

RUANG LINGKUP ISD

3 golongan bahan pelajaran ISD, yaitu :
1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan

 

SUMBER
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/mkdu_isd/bab1-ilmu_sosial_dasar_sebagai_salah_satu_mata_kuliah_umum.pdf

No comments:

Post a Comment