Saturday 13 June 2015

Pembelajaran softskill selama kuliah di GUNADARMA

Pembelajaran softskill selama di kuliah..
Banyak pelajaran yang telah dilalui baik softskill maupun hardskill. Kedua skill tersebut sangat dibutuhkan untuk dunia kerja nantinya. Softkill adalah kompetensi intrapersonal, yaitu kemampuan kita untuk mengenal dan mendendalikan diri sendiri. Kompetensi ini terdiri dari : pemahaman tentang sukses, evaluasi diri, citra diri, goal setting, motivasi diri. Kompetensi interpersonal, yaitu kemampuan kita untuk bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. kompetensi ini terdiri dari : pengendalian emosi, rasa percaya diri, komunikasi asertif, komunikasi, human relation. Sedangkan hardskill disini artinya adalah merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Hardskill adalah keterampilan teknis yang melekat atau dibutuhkan untuk profesi tertentu. Contoh: insinyur mekanik membutuhkan keterampilan bekerja dg permesinan, programmer harus menguasai teknik pemrograman dg bahasa tertentu.
Seperti daftar kemampuan soft skills berikut:
• Kejujuran
• Tanggung jawab
• Berlaku adil
• Kemampuan bekerja sama
• Kemampuan beradaptasi
• Kemampuan berkomunikasi
• Toleran
• Hormat terhadap sesama
• Kemampuan mengambil keputusan
• Kemampuan memecahkan masalah, dsb
Contoh Pemain Bola Voli
Hard skills (Kemampuan Teknis) :
Berlari
Memukul
Mengumpan Bola
Soft skills :
Kemampuan bekerjasama
Mengambil inisiatif
Keberanian mengambil keputusan
Gigih.
Berbicara softskill, selama saya mengenyam pendidika di universitas Gunadarma dari semester ke semester saya mendapatkan pelajaran softskill dari beberapa mata kuliah softskill: Pendidikan Pancasila, Ilmu Sosial Dasar, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Budaya Dasar, Teori Organisasi Umum, dan Etika & Profesionalisme TSI.
Dari beberapa mata kuliah tersebut saya paling menyukai Etika & profesionalisme TSI. Mengapa demikian?
Etika atau lazim yang disebut etik, berasal dari bahasa Yunani “ethos” yang berarti adat istiadat atau kebiasaan yang baik.
Profesional adalah orang yang mempunyai atau menjalankan profesi dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Setiap profesional berpegang pada nilai moral yang mengarahkan dan mendasari perbuatan luhur. Dalam melaksanakan tugas profesinya, para profesional harus bertindak objektif, artinya bebas dari rasa malu, sentimen , benci, sikap malas dan enggan bertindak.
Seorang profesional dituntut memiliki :
     Pengetahuan
     Penerapan keahlian
     Tanggung jawab sosial
     Pengendalian diri
     Etika bermasyarakat sesuai  dengan profesinya.
jadi, itu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. agar menjadi pekerja yang profesional dan memiliki aturan, etika dan tingkah laku yang baik.
Demikianlah penjelasan saya mengenai hardskill dan softskill, Jadi jangan hanya mengerjar hardskill saja, tapi juga tingkatkan softskill anda. Karena softskill juga berperan penting dalam kehidupan dan profesi anda.
referensi:

No comments:

Post a Comment